Tips Memutihkan Gigi Secara Alami Dan Sederhana

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang kadang sering diabaikan oleh pemiliknya. Mungkin untuk sebagian orang beranggapan bahwa gigi hanyalah suatu bagian tubuh yang berfungsi untuk mengunyah makanan dan membantu proses berbicara, hingga tanpa disadari mereka telah mengabaikan penampilannya. Selain berfungsi untuk fisiologis manusia, gigi juga berfungsi sebagai penunjang penampilan.

Gigi putih bersih adalah dambaan setiap orang. Seseorang yang memiliki gigi putih dan bersih mampu meningkatkan kepercayaan dirinya ketika bertemu dengan orang lain. Namun untuk mendapatkan gigi yang putih tidaklah mudah. Sikat gigi dengan pasta gigi pemutih belum menjamin. Sobat harus ketat menjaga kebersihannya dan membatasi konsumsi makanan atau minuman yang diduga dapat merubah warna gigi. Masalahnya adalah kebanyakan orang sekarang merasa malas menjaga kebersihan gigi dan menginginkan hal instan untuk mencapai kesempurnaan yang diinginkan.

Kenalilah Penyebab Gigi Kuning antara lain :

* Rokok
Kandungan nikotin di dalam rokok membuat suasana mulut menjadi asam. Nikotin tersebut akan menempel di gigi dan terikat pada elemen – elemen gigi. Tak heran jika perokok kebanyakan giginya berwarna kuning atau kecoklatan. Sehingga seorang yang perokok akan sulit mempunyai gigi yang putih.

* Makanan dan minuman
Makanan dan minuman yang bisa menyebabkan gigi kuning adalah makanan atau minuman yang mengandung warna yang mencolok. Semakin mencolok warnanya maka semakin besar potensinya untuk merubah warna gigi. Makanan dan minuman penyebab gigi kuning diantarnya adalah air teh, anggur merah, minuman berenergi, minuman bersoda, permen, saus.

* Sisa makanan yang menempel
Setelah makan maka sebaiknya bersihkan gigi untuk membuang sisa makanan yang masih ada di mulut. Apabila sisa makanan tersebut dibiarkan dan menempel di gigi dalam jangka waktu yang lama maka akan berisiko untuk menimbulkan plak gigi yang dapat berlanjut menjadi karang gigi. Karang gigi ini akan membuat penampilan gigi menjadi tidak indah lagi dan terlihat seolah – olah gigi berubah warna menjadi kusam.

* Makanan yang manis
Bagi Sobat yang sudah mempunyai kebiasaan menyikat gigi setelah makan sebaiknya perlu diperhatikan. Kebiasaan tersebut memang dianjurkan, namun sebaiknya setelah makan makanan yang manis Sobat jangan langsung terburu – buru menyikatnya. Ketika Sobat mengunyah makanan yang manis maka mulut akan menjadi asam. Keadaan mulut yang demikian akan dinetralisir dengan cara gigi mengeluarkan enamel. Enamel ini berfungsi sebagai perlindungan gigi. Jika terburu – buru segera menyikat gigi maka enamel yang dikeluarkan akan terbuang dan bakteri akan berkembang biak yang bisa menyebabkan rapuh dan menguningnya gigi.

* Penggunaan bahan pemutih gigi
Pemutih gigi berbahan kimia yang biasa digunakan di rumah ternyata belum bisa bekerja secara efektif memutihkan gigi. Pemutih ini bekerja mengerosi gigi sehingga membuat gigi rapuh dan bukannya warna gigi berubah menjadi putih tetapi malah sebaliknya.

Dibawah Ini Adalah Beberapa Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Dan Sederhana :

1. Strawberry
Kandungan buah strawberry yang berkhasiat memutihkan gigi adalah asam malat. Asam ini bekerja mengikis noda pada gigi. Cara penggunaannya adalah dengan menggerus buah strawberry dan kemudian menempelkannya di gigi selama 5 menit saja. Setelah itu bersihkan gigi dari sisa strawberry yang menempel. Cara yang kedua adalah menambahkan buah strawberry dengan garam dan baking soda. Haluskan buah strawberry dan kemudian tambajkan sedikit garam serta ½ sendok teh baking soda. Aduk rata dab gunakan campuran bahan tersebut sebagai pasta gigi.

2. Kulit jeruk
Kulit jeruk mampu menghilangkan noda gigi dengan cara yang aman tanpa merusak lapisan email gigi. Caranya sangat mudah, cukup sediakan kulit jeruk yang masih segar kemudian gosok – gosokkan ke gigi.

4. Daun salam
Satu lagi manfaat dari daun salam. Sebagian besar orang pasti tidak mengetahui khasiatnya yang satu ini. Daun salam yang selalu tersedia di dapur ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pemutih gigi. Caranya adalah dengan menyediakan daun salam sebanyak 5-6 lembar. Jemur sampai kering dan kemudian remas hingga menjadi bubuk. Tambahkan bubuk daun salam tersebut dengan kulit jeruk yang juga telah dihaluskan atau sudah menjadi bubuk. Setelah tercampur rata kedua bahan tersebut lalu gosokkan ke gigi secara rutin setiap hari.

5. Baking soda
Baking soda terkenal sebagai penghilang noda, tidak terkecuali noda pada gigi. Namun penggunaan baking soda untuk memutihkan gigi harus dibatasi karena baking soda bersifat kuat dan keras. Sebaiknya cukup gunakan 1 atau 2 kali dalam sebulan. Oleskan baking soda ke permukaan gigi selama 5-10 menit saja. Penggunaan baking soda efektif untuk memutihkan gigi yang kuning. Setelah menggunakan baking soda di gigi, lakukan sikat gigi seperti biasa.5.

6. Biji asam
Memutihkan gigi secara alami bisa dilakukan dengan biji asam. Caranya adalah sediakan beberapa asam dan ambil bijinya. Cuci bijinya hingga bersih. Setelah itu goreng sangrai atau goreng tanpa minyak biji asam tersebut. Biji yang telah matang digoreng lalu ditumbuk hingga halus. Bubuk biji asam diusapkan ke suluruh permukaan gigi minimal 2 kali sehari.

7. Cuka apel
Cuka apel yang bersifat abrasive bermanfaat efektif untuk memutihkan gigi. Caranya adalah dengan mencelupkan sikat gigi yang hendak digunakan menggosok gigi ke dalam cuka apel. Kemudian gosok gigi seperti biasa. Namun perlu diperhatikan agar tidak menyikat gigi terlalu lama. Setelah itu kumur dengan air bersih. Cuka apel mengandung asam yang kuat yang dapat menghilangkan kalsium dan mengurangi kekuatan gigi. Oleh karena itu jangan gunakan terlalu lama dan terlalu sering.

8. Biji pinang
Biji pinang mengandung sifat astringent dan hemostatic yang berkhasiat mengencangkan gusi dan memutihkan gigi. Dari zaman dahulu orang – orang sering menggunakan biji pinang untuk memutihkan gigi, caranya adalah dengan membakar biji pinang hingga gosong kemudian haluskan hingga benar – benar lembut. Gosokkan bubuk biji pinang ke seluruh permukaan gigi, gunakan kain katun untuk menggosoknya. Cukup lakukan 2 minggu sekali.8.

9. Siwak
Siwak adalah kayu yang bisa dijadikan alternatif pengganti fungsi sikat gigi dan pasta gigi. Siwak berasal dari kayu ranting pohon. Biasanya yang digunakan adalah ranting pohon zaitun dan walnut. Siwak memiliki kandungan kimia bermanfaat seperti klorida, pottasium, sodium bicarbonate, fluoride, silika, sulfur, vitamin C, trimethyl amine, salvadorine, tannins dan beberapa mineral lainnya yang berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi. Bahan-bahan ini sering diekstrak sebagai bahan penyusun pasta gigi.

10. Lemon dan garam
Sediakan air perasan jeruk lemon yang dicampur dengan garam secukupnya. Gunakan larutan ini untuk berkumur. Larutan lemon dan garam mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman penyebab gigi kuning.

11. Konsumsi produk susu
Produk olahan susu seperti keju, yoghurt, dan lain sebagainya mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan gigi, memperkuat gigi dan memutihkan gigi.

12. Sayur dan buah
Rutin konsumsi sayur dan buah juga membantu menghindarkan timbulnya noda pada gigi. Caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayuran yang renyah ketika dimakan seperti wortel, apel, pir. Konsumsi buah dan sayuran yang renyah membantu mengangkat noda dan kotoran yang menempel pada gigi.
0 Komentar untuk "Tips Memutihkan Gigi Secara Alami Dan Sederhana"

Back To Top