Tips Sehat Agar Kuat Dalam Berpuasa

Bulan Ramadhan telah tiba dan seluruh umat muslim di dunia ini pun menjalankan ibadah puasa. Karena puasa hukumnya wajib bagi seluruh umat muslim yang telah baligh. Lalu bagaimanakah cara atau tips agar kuat berpuasa sepanjang hari? Sedangkan berpuasa itu menahan makan dan minum serta menahan hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau hingga waktu buka.

Dalam menjalankan puasa, Badan kita harus fit karena jika badan kita tidak fit maka bukan tidak mungkin puasa yang kita kerjakan batal di pertengahan jalan . Jika hal itu terjadi sayang bukan? Siapa sih yang mau rugi, padahal kesempatan menjalankan ibadah di bulan ramadhan hanya satu tahun sekali. Dan di bulan ramadhan juga seluruh amal ibadah kita di lipat gandakan. Subhanallah...
Untuk itu, agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada saat kita menjalankan puasa. Ada beberapa tips bermanfaat untuk tetap kuat berpuasa yang diajarkan Rasulullah SAW kepada umatnya, Berikut penjelasannya.



Berpuasa berbeda dengan metode diet. Jika dalam diet kita tidak boleh untuk makan di malam hari, Maka di dalam puasa kita makan di waktu malampun tidak apa bahkan kita dianjurkan untuk makan sahur. Karena sesungguhnya makan sahur untuk mengawali puasa di bulan ramadhan memiliki keberkahan tersendiri. Dan Allah SWT walaupun memerintahkan Hamba-Nya untuk berpuasa (menahan makan dan minum selama kurang lebih 12 jam), Namun Allah SWT tidak menyiksa hamba-Nya untuk berpuasa tanpa menyiapkan cadangan tenaga dan salah satu cara agar kuat menjalankan puasa yaitu dengan makan sahur. Dan Rasulullah SAW juga memberikan ajaran agar teteap kuat berpuasa, tips-tips tersebut adalah :

1. Mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka
Tips yang pertama supaya kita tetap kuat dalam menjalankan puasa yaitu dengan mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka. Hal ini merupakan tips yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Yang di maksud mengakhirkan makan sahur yaitu kita hendaknya makan sahurnya jangan terlalu awal, sebaiknya jarak kita makan sahur dengan imsak tidak lebih dari lima puluh ayat bacaan Al-Qur'an atau kurang lebih 5 menit, hal ini seperti yang terkandung dalam Hadist-Hadist berikut :
Dalam menjalankan makan sahur selain menyiapkan cadangan makanan dan tenaga di dalam sahur juga terdapat berkah tersendiri di dalamnya.

Rasulullah SAW Bersabda :
Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada umatnya untuk menyegerakan berbuka. Jangan sampai kita menyalah artikan kalimat menyegerakan berbuka dengan berbuka sebelum waktunya. Karena arti yang sesungguhnya adalah bahwa kita harus segera berbuka jika waktu berbuka telah tiba jangan malah kita menundanya.

Rasulullah SAW Bersabda :
Dengan mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka , maka waktu berpuasa lebih cepat . Coba jikamakan sahur lebih awal dan berbuka tertunda , maka waktu puasa yang di lalui lebih lama . Jadi tips yang pertama ini bukan hanya mendapat berkah namun mendapat keuntungan tersendiri buat kita .
2. Makan Kurma dan Madu serta minum air putih saat Berbuka dan Sahur
Makanan makanan yang manis-manis seperti Kurma, Madu, Buah-buahan dan Minum air putih saat berbuka dan sahur merupakan salah satu sunah dalam berbuka dan sahur.

Berikut Dasar Hukumnya :
Selain sunah, kurma dan madu mengandung kalori yang sangat tinggi serta mampu memberi energi yang cukup kuat untuk menjalani aktivitas. Selain itu juga tidak melupakan makanan lima sehat yang lainnya seperti nasi, lauk-pauk dan buah.

Dengan kandungan kalori yang sangat tinggi maka jika kita sahur dengan makan kurma , madu dan minum air putih maka kita akan lebih kuat dalam menjalankan puasa sehari penuh .

3. Makan sahur tidak terlalu Kenyang atau Berlebihan
Walaupun kita akan berpuasa lebih dari 12 jam di waktu siang, Bukan berarti kita sahur dengan makan berlebih-lebihan. Karena berlebih-lebihan sangat dibenci oleh Allah SWT, Selain itu juga keadaan lambung kita itu tidak seperti karet yang bisa seenaknya di masuki makanan. Dan makan yang berlebihan dapat menyebabkan kantuk dan lemas.

4. Konsumsi makanan yang banyak mengandung Karbohidrat kompleks dan Protein
Makan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein meupakan makanan yang mengenyangkan dan dapat mengurangi rasa lapar. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah Nasi, Gandum, Oat, Ubi dan lain-lain. Sedangkan makanan yang mengandung protein adalah Putih telur, Ayam, Ikan. Untuk itu ketika sahur kita dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein.

5. Mengurangi makan yang mengandung banyak garam
Makanan yang banyak mengandung garam mudah menyebabkan dehidrasi dan mudah membuat lemas dan lapar. Maka dari itu, selama puasa kita dianjurkan untuk tidak banyak makan makanan yang banyak mengandung garam.

6. Makan makanan yang mengandung lemak baik
Makana yang mengandung lemak baik ( HDL), dapat menurunkan kolesterol serta dapat encegah penyakit jantung. Untuk itu, saat berpuasa kita dianjurka untuk makan makanan yang mengandung lemak baik. Contoh makanan yang mengandung lemak baik adalah Ikan, Alpukat dan Kacang-kacangan.

7. Mengusahakan tidak tidur setelah makan sahur
Sebaiknya , kita membiasakan untuk tidak tidur setelah makan sahur. Dan lebih baik kita setelah sahur menjalankan aktivitas kecil yang dapat mencengah kantuk, Selain kita menjadi dapat menjalankan ibadah shalat subuh dan mengaji juga dapat membiasakan tubuh kita untuk adaptasi dengan keadaan puasa.

8. Berolahraga
Walaupun dalam menjalankan puasa namun kita harus tetap berolahraga untuk menjaga kondisi badan. Namun intensitasnya harus dikurangi dan harus olahraga yang ringan seperti jalan kaki atau lari yang tidak terlalu jauh. Dengan olah raga, maka tubuh kita yang sedang berpuasa dapat menambah ketahanan tubuh.

Walaupun saat berolahraga kita mengeluarkan keringan, maka janganlah takut untuk mandi. Karena mandi juga dapat membantu tubuh kita mejadi tidak lemas dan malas. Dan menjaga kebersiha juga merupakan anjuran pada setiap muslim dalam menjalankan puasa. Hal tersebut terkandung dalam sebuah Hadits di bawah ini :
Demikian penjelasan mengenai Tips Sehat Agar Kuat Dalam Berpuasa ramadhan. Semua yang dijelaskan di atas merupakan beberapa tips yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Semoga dengan penjelasan di atas mampu membantu kita agar ibadah puasa kita tetap lancar dan yang pasti semoga ibadah kita di terima oleh Allah SWT dan kehidupan kita diberkahi serta semoga di bulan ramadhan tahun ini, kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik serta mampu menjalankan ibadah dengan lebih baik lagi. Semoga bermanfaat. Aamiin.

Toko Sulap Terpercaya
0 Komentar untuk "Tips Sehat Agar Kuat Dalam Berpuasa"

Back To Top